PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN WARNA PADA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN SENTRA DENGAN METODE BERNYANYI DI KELOMPOK BERMAIN

  • Zettin Sahara
  • Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract

Abstract: This classroom action research aims to determine the color recognition by singing at family planning methods KB Cahaya Bangsa Batan Krajan Gedeg Mojokerto. The subjects of this study were all children KB Cahaya Bangsa Batan Krajan Gedeg Mojokerto totaling 20 children. Data collection techniques of observation and documentation. The data analysis using descriptive statistics.The result of research in cycle 1 get 60% and in cycle 2 increasing into 88%. Based on the research, so it can be concluded that the method of singing can improve children’s ability to recognize color in children group Cahaya Bangsa Batan Krajan Gedeg Nations Mojokerto.

Keywords : Color recognition, Singing method


Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan warna melalui metode bernyanyi pada KB Cahaya Bangsa Batan Krajan Gedeg Mojokerto. Subyek penelitian ini adalah semua anak KB Cahaya Bangsa Batan Krajan Gedeg Mojokerto yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil sebesar 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka, dapat disimpulkan  bahwa dengan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak Kelompok Bermain Cahaya Bangsa Batan Krajan Gedeg Kabupaten Mojokerto.

Kata Kunci: Mengenal warna, Metode bernyanyi
Published
2015-07-09
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 58