PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B
Abstract
Abstract: Classroom action research aims to improve children’s ability to talk through methods play role. The subject of this research are children in group B KB Tunas Kartika Mojokerto with total 14 children. The collecting data technique using observation and documentation, while the analysis data technique using statistic descriptive. The research’s result in cycle 1 get 66% and in cycle 2 increasing into 86%. Based on the research, so it can be concluded that role play method can improve speech ability in children group B KB Tunas Kartika Mojokerto.
Keywords : Role play method, Speech ability
Abstrak: Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara melalui metode bermain peran. Subjek Penelitian ini adalah anak kelompok B Kelompok Bermain Tunas kartika Kota Mojokerto yang berjumlah 14 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan tehnik analisis datanya menggunakan statistik deskripif. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil sebesar 66% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka, dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B KB Tunas Kartika Kota Mojokerto.
Kata kunci: Metode bermain peran, Kemampuan berbicara
PDF Downloads: 30