PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

  • Ika Lukiana Sari
  • Muhammad Reza

Abstract

Abstract: The purpose of this research was to determine the effect of applying flashcard media to recognize the ability of color in children age 3-4 years old in PPT Tunas Bangsa Krampung Surabaya. The method of data collection in this research using the method of observation. Subject of this research is all children age 3-4 years old in PPT Tunas Bangsa Krampung Surabaya amounted to 15 children. Tecniique of data analysis in this research uses the test rank of  Wilcoxon signed ( wilcoxon match pairs test).The results showed that Thitung <Ttabel (0.25), so that Ho refused and Ha accepted. Based on these studies we can conclude that there is influence of media flashcard application to the ability to know the color in children age 3-4 years old in PPT Tunas Bangsa Krampung Surabaya.

Keywords: Flashcard media,The ability to recognize colors.


Abstrak : Penelitian eksperimen ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh penerapan media flashcard terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Bangsa Krampung Surabaya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Bangsa Krampung Surabaya berjumlah 15 anak. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon ( wilcoxon match pairs test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thitung < Ttabel (0 < 25), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan media flashcard terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Bangsa Krampung Surabaya.

Kata kunci: Media flashcard, Kemampuan mengenal warna

Published
2015-07-28
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 104