PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B

  • Marta Armila Teresa
  • Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract

Abstrak: This quantitative research aims to determine the influence of the media is there a picture card of the ability to speak children’s in pertiwi bareng kindergarten B jombang. Samples were children’s in pertiwi bareng kindergarten B jombang of totaling 20 children. This research data collection method using a method of observation and analysis dokumentasi.Teknik data corresponding to this research using Wilcoxon matched pairs test test in its implementation using a helper table. The results showed that the value of T = 0 is smaller than Ttabel with significance level of 5% by N = 60 so that Ha 20α accepted because Thitung <Ttabel (0 <60) and H0 is rejected because Thitung> Ttabel (0> 60), it can be concluded that the flashcard media significantly influence the child's ability to speak group B TK Pertiwi Jombang.

Keywords: Media flash card, speak.


Abstrak: Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu bergambar terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Pertiwi Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Sampel dalam penelitian adalah anak kelompok B TK Pertiwi Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang  yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang sesuai dengan penelitian ini yaitu  menggunakan uji wilcoxon matched pairs test yang dalam pelaksanaanya menggunakan tabel penolong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai T = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan jumlah N 20α = 60 sehingga Ha diterima karena Thitung < Ttabel (0<60) dan H0 ditolak karena Thitung > Ttabel (0>60), maka dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B TK Pertiwi Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang meningkat.

Kata kunci: Media  kartu bergambar, berbicara.

Published
2015-07-29
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 387