MEDIA AUDIOVISUAL PEMBELAJARAN HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK A

  • Riris Hidayati
  • Sri Joeda Andajani

Abstract

Abstract: This study quantitative research aims to determine the effect of the audiovisual media of learning the letters to listening skills A group of children in kindergarten Budi Luhur Surabaya. The samples this study’s a group of kindergarten children Budi Luhur Surabaya totaling 25 children. Thisresearch data collection method using a method of observation and test performance. This research data analysis technique that is using wilcoxon matched pairs test. The result showedthatThitung=0smallerTtabelwith significance levelof 5%=0.89so thatHaaccepted and Ho rejected. Thus it can be concludedthat the audiovisualmedialearningletters has aaffect to the listening skills of children in group A kindergarten Budi Luhur Surabaya accepted.

Keyword: AudiovisualMedia, Listening


Abstrak: Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual pembelajaran huruf terhadap kemampuan menyimak anak kelompok A di TK Budi Luhur Surabaya. Sampel pada penelitian ini yaitu anak kelompok A TK Budi Luhur Surabaya yang berjumlah 25 anak. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasidan tes performance. Teknik analisis data penelititian ini yaitu menggunakan tes uji wilcoxon matched pairs.Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% = 0,89 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media audiovisual pembelajaran huruf berpengaruh terhadap kemampuan menyimak anak kelompok A TK di Budi Luhur Surabaya diterima.

Kata Kunci: Media Audiovisual, Menyimak
Published
2015-07-31
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 54