PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SURYA HARAPAN CANDI SIDOARJO

  • KHUSNIAH

Abstract

 

Karakteristik ketrampilan berbahasa anak usia 4-6 tahun menguasai ketrampilan mendengan dan menceritakan kembali cerita sederhana yang mudah dipahami dengan urut. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan masih rendahnya kemampuan anak dalam hal mendengar dan menceritakan kembali cerita sederhana yang mudah dipahami dengan urut. Berdasarkan uraian diatas maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bercerita melalui gambar seri pada anak kelompok A TK Surya Harapan candi Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Dimana setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dan setiap pertemuan selama 30 menit. Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis refleksi berdasarkan siklus-siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada siklus I pertemuan I mencapai rata-rata 59% meningkat menjadi 69% pada pertemuan II. Sedangkan data hasil pada siklus II pertemuan I mencapai 73% meningkat menjadi 86% pada pertemuan II. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita mencapai rata-rata 86% pada siklus II pertemuan II pada anak kelompok A TK Surya Harapan candi Sidoarjo

Kata Kunci : gambar seri, bercerita, kelompok A

Abstract

The language skill characteristic of children in 4-6 years old is to master a listening skill and retelling a simple story which is easy to understand in series. But the fact shows that there is still a low capability of children in listening and retelling a simple story that is easy to understand in series. Based on the analysis above, the research is done to know the improving of telling ability through series picture for group A TK Surya Harapan Candi Sidoarjo. This classroom action research uses a kind of class action that is performed in two cycle which every cycle is performed in two meeting and every meeting is in 30 minutes length. This collection data method uses an observation to know the improvement of study result. The data analysis which is used in this research is reflection analysis based on cycles. This analysis result shows the improvement in the first cycle of the first meeting which reaches 59% on the average rises to 69% on the second meeting. While the data result on the second cycle of the first meeting which reaches 73% rises to 86% on the second meeting. The conclusion of the result of the research shows that a user of series pisture is able to increase the telling story ability to 86% in average on the second cycle of the second meeting for children of group A TK Surya Harapan Candi Sidoarjo.

Key words : series picture, telling, group A

Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 1104