PENERAPAN METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN NATURALIST INTELLIGENCE ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Riska Maratus Sholikah
  • Sri Joeda Andajani

Abstract

Abstract: This study quantitative research aims to find out and describe the implementation of project method on naturalist intelligence competence of students aged 5-6 in Budi Luhur kindergarten Surabaya. The subjects of this research were 23 students aged 5-6 of Budi Luhur kindergarten Surabaya. The data were collected by using documentation and presentation. Data were analyzed by using Wilcoxon Match Pairs Test. From the data of students’ Naturalist Intelligence before and after the implementation of project method, it showed that T observed = 0 was less than Ttable at 5% significant level of 0.73. The alternative hypothesis (Ha) is accepted and Nol Hypothesis (Ho) is refused. Therefore, it can be concluded that Project Method influences on Naturalist Intelligence competence of students aged 5-6 in Budi Luhur kindergarten surabaya is accepted

Keyword: Project method, Naturalist Intelligence


Abstrak: Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan penerapan metode proyek terhadap naturalis intelligence anak usia 5-6 tahun di TK Budi Luhur Surabaya. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun TK Budi Luhur Surabaya yang berjumlah 23 anak. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan unjuk kerja. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji jenjang wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% = 0,73, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode proyek berpengaruh terhadap kemampuan Naturalist Intelligence anak usia 5-6 tahun TK Budi Luhur Surabaya diterima.

Kata Kunci: Metode Proyek, Naturalist Intelligence

Published
2015-08-10
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 31