PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT BENTUK-BENTUK MENYERUPAI GEOMETRI DENGAN LEGO PADA ANAK KELOMPOK A TK AL – FITROH SURABAYA

  • KHOLIFAH

Abstract

Perkembangan kognitif pada anak usia dini berada pada periode praoperasional usia 2-6 tahun, yaitu tahapan dimana anak belum mampu menguasai mental secara logis. Yang dimaksud dengan operasi disini adalah kegiatan-kegiatan yang diselesaikan secara mental dan fisik. Periode ini ditandai dengan berkembangnya representasional, atau “symbol funetion” yaitu kemampuan menggunakan simbol-simbol (kata-kata, benda atau peristiwa).
Kurang tersedianya media dalam pembelajaran menjadi salah satu permasalahan yang menyebabkan kurang berhasilnya proses pembelajaran di TK Al-Fithroh. Hal ini teridentifikasi dengan kondisi anak yang terlihat pasif. Anak belum mampu mengenal bentuk-bentuk yang menyerupai geometri. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini, yaitu bagaimana peningkatan kemampuan anak Kelompok A dengan menggunakan media lego di TK AL - Fithroh ? dan apakah media lego dapat menunjukkan perkembangan kemampuan mengenal konsep konsep bentuk geometri pada anak usia dini ? Adapun tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran atau mendeskripsikan ketatalaksanaan dalam pembelajaran dengan menggunakan media lego dapat meningkatkan kemampuan pengenalan bentuk geometri pada siswa kelompok A di TK AL – Fithroh Rungkut Surabaya. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan rancangan yang dilakukan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan dimana setiap pertemuan dilaksanakan selama 30 menit, tempat pelaksanaan di ruang kelas kelompok A yang dipilih sebagai subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media lego sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pengenalan bentuk menyerupai geometri Pada siklus I mencapai rata-rata persentasi tingkat keberhasilan sebesar 65 %, dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 87 % hasil tersebut sudah mencapai target yang diharapkan.

Kata kunci : lego, pengenalan bentuk menyerupai geometri.

Abstract

Cognitive development in early childhood is preperational period age of 2-6 years, which is the stage at which the child has not been able to master the mental logicallly. The opertion was meant here, the activities completed mentally and physically. This period was characterized by representational the development or "symbol function". It meant the ability to use symbols (words, objects or events). Lack of media availability in learning were one of the problems that cause ineffectiveness in learning process at TK Al-Fithroh. It was identified with children condition that looked passive children were not able to recognize resembling geometry shapes. The problem that would be discussed in this study, manely how to increase children ability to use lego media in Group A TK Al-Fithroh ? And whether lego media could show development ability of geometry concepts in early childhood ?. The purpose of this research was to gain an overview or to description of procedures for learning using lego media and able to enhance geometric shapes recognition on group A students at TK Al-Fithroh Rungkut Surabaya. The approach in this study used class action research, utilizing desaign which were done in two cycles, with each cycles has two meetings and each meeting held for 30 minutes. Research subjech place was selected at classroom of group A. The results showed that lego media in an effort to improve capability resembling geometric shapes recognition. First cycles was success percentage an average rate 65% and second cycles at an average yield 87%. It had been achieved expected target.

Keywords: lego, resembling geometry shapes

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 10