MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B TK YUNIOR SURABAYA

  • RINDHA KURNIAWATI

Abstract

Pada kenyataan di lapangan teridentifikasi dari 20 jumlah anak kelompok B yang hadir, hanya 6
atau 33% yang mampu dalam bidang pengembangan kemampuan berhitung, sedangkan 14 anak atau 67%
masih memerlukan bantuan guru. Rendahnya kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B TK
Yunior, yakni proses pembelajaran masih berpusat pada guru. di samping itu guru TK Yunior hanya
menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas saja, sehingga pembelajaran terkesan berjalan
monoton dan cenderung konvensional. Mengarah pada alternatif pemecahan permasalahan yang ada pada
anak kelompok B di TK Yunior, peneliti berupaya menemukan solusi pemecahan masalah melalui
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan perlakuan 2 (dua) siklus, yang didukung dengan pemanfaatan
permainan ular tangga.
Rumusan permasalahan yang dibahas pada penelitian ini, salah satunya adalah Bagaimanakah
peningkatkan kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B TK Yunior Surabaya, setelah penerapan
permainan ular tangga dalam proses pembelajaran, dengan tujuan Untuk mengetahui keberhasilan proses
pembelajaran melalui penerapan permainan ular tangga sebagai upaya peningkatan kemampuan berhitung
1-20 pada anak kelompok B TK Yunior Surabaya.

Kata kunci: kemampuan berhitung 1-20, permainan ular tangga

Abstract

The field data shows that among 20 children of group B, there are only six children or 33% who
have counting skill, and 14 children or 67 % still need teachers guidance. the law counting skill of group
B at TK is caused by the learning and teaching process which still only focuses on the teachers. Besides
that TK Yunior teachers only use lecturing and assignment method, therefore the learning and teaching
process are monotonous and tends to be conventional activity. To solve this problem, there researcher
tries to conduct a classroom action research by using snake and ladders game.
The research problem discussed in this research is how the improvement of counting 1-20
activity at group B children of TK Yunior after the children are given snake and ladders game in their
leaning process is. The purpose of this research is to know the success of learning activity by using snake
and ladders game to improve children’s counting skill at group B TK Yunior Surabaya

Keywords: counting skill of 1-20, snake and ladders game

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 1434