PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MEMBILANG ANGKA 1 – 10 DENGAN METODE BERMAIN KARTU ANGKA PADAKELOMPOK A DI TK PERTIWI ASRI CANDI SIDOARJO

  • LIA ADISTIANA

Abstract

Latar belakang rendahnya kemampuan membilang angka 1 – 10 di TK Pertiwi Asri. Guru hanya menggunakan jari tangan sehingga media kartu angka digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam membilang angka 1–10 pada kelompok A. Guru menggunakan kartu angka sebagai salah satu cara dan inovasi dalam proses pembelajaran di Taman Kanak – kanak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam membilang angka 1 – 10 di TK Pertiwi Asri Sidoarjo.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di TK Pertiwi Asri Sidoarjo dengan 2 siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan melalui 2 kali pertemuan selama 30 menit. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi. Pada siklus pertama sebagian anak belum terbiasa dalam kegiatan membilang angka 1 – 10 menggunakan media kartu angka sehingga kemampuan kognitif anak belum terlihat dengan baik. Pada siklus pertama kemampuan kognitif anak memperoleh 60% dari jumlah semua anak, dan pada siklus kedua kemampuan kognitif anak meningkat menjadi 80%.

Kata Kunci :kemampuan kognitif, kartu angka, membilang 1-10

Abstract

The background of the study is low ability to count number 1-10 in TK Pertiwi Asri. This is the teacher only uses the finger so that number card media is used by the teacher to increase cognitive skill in counting number 1-10 to group A. Is one of manners and teacher innovation in learning process in kindergarten. The purpose of this research is to describe the use of number card media to increase cognitive skill in counting number 1-10 can increase cognitive skill of group A children in TK Pertiwi Asri Sidoarjo.
The type of this research used Classroom Action Research that performed in 2 cycles by twice meeting for 30 minutes. Through collecting data method that changed to observation method. In the first cycle, several students had not accustomed in counting number 1-10 by using number card media, so cognitive skill of children had not been well. In the first cycle, cognitive skill of children obtained 60% of all children, and in the second cycle, cognitive skill of children increased to 80%.

Key word: cognitive skill, number card, counting number 1-10.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 93