STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS ANAK KELOMPOK B DALAM MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM DAN SAINS

  • Istiana Nur Laily
  • Nurul Khotimah

Abstract

Abstrak: Descriptive qualitative study aims to describe and analyze individually or in groups. The subyek of research is childhren group B in Al Fajar Islamic Kindergarten Surabaya. Data collection method is using observation, interview, and documentation. Data analysis technic is using Miles and Huberman Model where there are three steps in analysis data, they are data reduction, data display, and conclusing drawing.Based on research result and data analysis during teaching proses, it can be see that by those densitas that are prepared by teacher in preparation. The use of appropriate methods and media, varied, and interesting is able to process the curiosity of children so that children can work on these activities. Obstacles encountered during the learning centers and science of natural materials is the lack of understanding of the child to an activity that teacher provide an explanation back to the child.

Key words: Strategy science learning, Central learning natural materials and Science


Abstrak: Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara individual maupun kelompok. Subyek penelitian adalah guru sentra bahan alam dan sains di TK Islam Al Fajar Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dimana terdapat tiga langkah dalam menganalisis data, yaitu data reduction (reduksi data), kemudian data display (penyajian data), dan conclusion drawing / verivication (simpulan). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data selama proses pembelajaran terlihat bahwa berbagai macam densitas yang disiapkan oleh Ustadzah di sentra bahan alam dan sains. Penggunaan metode dan media yang tepat, bervariasi, dan menarik dapatĀ  mengolah rasa ingin tahu anak sehingga anak dapat mengerjakan kegiatan tersebut. Hambatan yang ditemui pada saat pembelajaran sentra bahan alam dan sains adalah kurangnya pemahaman anak terhadap suatu kegiatan sehingga Ustadzah memberikan penjelasan kembali terhadap anak.

Kata kunci: Strategi pembelajaran sains, Sentra bahan alam dan sains
Published
2015-08-25
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 1184