MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA PASIR PADA ANAK KELOMPOK A TK KYAI HASYIM

  • Nurhayati Nurhayati
  • Sri Widayati

Abstract

Abstract: This class action research aims to determine the application
of sand media can improve writing skills in children beginning
in kindergarten A group Kyai Hasyim.
Subjects were young children in the kindergarten group A
Kyai Hasyim s Surabaya , amounting to as much as 20
early childhood , comprising 11 girls and 9 boys.
Techniques leverage the data In this case the researchers used
participatory observation , documentation da techniques
data analysis techniques in this study using
descriptive statistical analysis techniques.
From the results of this study indicate an increase
in the percentage of beginning writing skills,
ie the first cycle of 69 % and in the second cycle reached 86 %,
so it can be concluded that the application of sand media
can improve writing skills beginning in children.
 

Keywords: Early writing skill, sand media

 

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan  menulis permulaan pada anak kelompok A di TK Kyai Hasyim. Subyek penelitian adalah anak usia dini  kelompok A di TK Kyai Hasyim Surabaya yang berjumlah sebanyak 20  anak usia dini, terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  menggunakan observasi partisipatif, dan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai prosentase kemampuan menulis permulaan, yaitu siklus I sebesar 69% dan pada siklus II mencapai sebesar 86%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak.

 

Kata kunci: Kemampuan  menulis permulaan, Media pasir
Published
2015-10-29
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 1211