PENGARUH PERMAINAN PUZZLE LANTAI TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B

  • Rizky Elok Agustin
  • Sri Setyowati

Abstract

Abstract : This quantitative study aims to determine the effect of the floor puzzle game to the development gross motor skills of children in terms of running backwards and to the left side. Population used in this study in groups totaling 16 children B1 and B2 groups are also numbered 16 children. Data collection tecniques used namely observation and documentation. Hypothesis testing techniques in this study using data analysis Mann-Whitney U test (U test). Based on the calculation results of the study, the price obtained U1 is smaller than U2. Thus were used to compare the price U count and the price table T is the value U1 whose value 6. Based on the table prices are critical Mann Whitney U-Test α = 0.05 (one-party testing) is 66 with n1 = 16 and n2 = 16, thus obtained 6 <66, then count = 6 and Table = 66. If the price is Ucount less than the Utable, then Ho are rejected and Ha accepted. Thus, it can be concluded that the application of the floor puzzle game affect the ability of gross motor children group B in Kindergarten Bustanul Aisyiyah Athfal VII Pare Kediri.

Keywords: Games puzzle floor, Gross motor skills


Abstrak : Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle lantai terhadap perkembangan motorik kasar anak dalam hal berjalan mundur dan kesamping kiri. Populasi yang digunakan yaitu kelompok B1 yang berjumlah 16 anak dan kelompok B2 yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data Mann-Whitney U Test (Uji U). Berdasarkan hasil penghitungan pada penelitian, diperoleh harga U1 lebih kecil daripada U2. Dengan demikian yang digunakan untuk membandingkan harga U tabel dan harga U hitung adalah U1 yang nilainya 6. Berdasarkan tabel harga-harga kritis Mann Whitney U-Test α = 0,05 (pengujian satu pihak) adalah 66 dengan n1= 16 dan n2=16, sehingga diperoleh 6<66, maka Uhitung= 6 dan Utabel=66. Jika harga Uhitung lebih kecil dari pada Utabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan puzzle lantai berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak pada kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal VII Pare Kediri.

Kata kunci: Permainan puzzle lantai, Kemampuan motorik kasar
Published
2016-01-26
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 285