PENGEMBANGAN MEDIA FUN MATH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TK

  • Novika Rahayu
  • Andi Kristanto

Abstract

Abstract : This research and development research had purpose to develop fun math media to enhance cognitive ability to children of TK A1 in TK Al Kautsar Surabaya. The subject in this research were 14 children of TK A1 in TK Al Kautsar Surabaya. The data collection techniques were interview, questionnaire, and observation. The data analysis technique used in this research was Wilcoxon match pairs test because the research arrangement was in the form of one group pretest-posttest design. From the counting result used wilcoxon match pairs, it was known that tcounted value obtained was 0 (zero). The result of tcounted was compared with ttable. The number obtained from ttable was 21, so tcounted < ttable (0<21). The hypothesis resulted was Ho was refused and Ha was not refused (accepted). Based on the result it proved that it was required developing proper and effective fun math media to enhance cognitive ability especially in recognizing number symbol to TK A children.

Keywords : Fun math media, Cognitive, Number symbol


Abstrak : Penelitian research and development ini bertujuan mengembangkan media fun math untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak TK A di TK Al Kautsar Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah 14 anak TK A1 di TK Al Kautsar Surabaya. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, angket (kuesioner), dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon match pairs test) karena rancangan penelitian berupa one-group pretest-posttest design. Hasil perhitungan menggunakan uji jenjang Wilcoxon, dapat diketahui bahwa nilai thitung yang diperoleh adalah 0 (nol). Hasil thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel, sehingga angka yang diperoleh dari ttabel ialah 21, maka thitung < ttabel (0<21). Hipotesis yang dihasilkan adalah Ho ditolak dan Ha tidak ditolak (diterima). Berdasarkan hasil tersebut berarti membuktikan bahwa diperlukan pengembangan media fun math yang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif khususnya dalam mengenal lambang bilangan pada anak TK A.

Kata kunci: Media fun math, Lambang bilangan
Published
2016-02-01
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 39