PENGARUH PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING STORY TELLING TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B

  • Heni Nurul Khomariyah

Abstract

Abstract: This research has a purpose to know the application influence of hypnoteaching story telling method toward speech development were understanding speech aspect and expressing speech aspect to group B children in PG-RA Yapida Made Selatan Sambikerep Surabaya. The subject of research is group B children in RA Yapida Surabaya namely 24 children. The research method data was observation  and documentation. While the analysis result used Wilcoxon Match Pairs Test with table for Wilcoxon. The research result indicated that Tcounted= 0 < from Ttable = 81 (0<81), so in this way the Ho was refused and Ha was not refused (accepted). In this way, it could be concluded that hypnoteaching story telling method influenced toward speech development to group B children in PG-RA Yapida Made Selatan Sambikerep Surabaya.

Keywords: Hypnoteaching story telling, Speech development


Abstrak: Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode hypnoteaching story telling terhadap perkembangan bahasa anak dalam aspek memahami dan mengungkapkan bahasa anak kelompok B di PG-RA Yapida Made Selatan Sambikerep Surabaya. Sampel penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di RA Yapida Surabaya yang berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan tabel penolong uji jenjang Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thitung<Ttabel (0<81), sehingga HO ditolak dan Ha tidak ditolak (diterima). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara penerapan metode hypnoteaching story telling terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B di PG-RA Yapida Made Selatan Sambikerep Surabaya.

Kata kunci: Hypnoteaching story telling, Perkembangan bahasa

Published
2016-02-01
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 21