PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PEMECAHAN MASALAH SAINS ANAK KELOMPOK B

  • Anggriana Yoga Hafita
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Abstract: This quantitative research has purpose to know the effect of guided inquiry-based learning to student’s cognitive in science problem solving of the second grade at the kindergarten of Aisyiyah  Bustanul Athfal 60 Tambaksari, Surabaya. The objects of the study are 20 students at the kindergarten of Aisyiyah Bustanul Athfal 60 Tambaksari, Surabaya at the second grade. Data were collected by observing and interviewing. The analysis was made by using wilcoxon test fasillitated by SPSS for windows v.15. From analyzing the data, it showed that p= 0.000 was less than α=0.05, so, Ha was acceptable and Ho was rejected. Thus it can be concluded that guided inquiry-based learning can effect to student’s cognitive in science problem solving of the second grade at kindergarten of Aisyiyah Bustanul Athfal 60 Tambaksari, Surabaya.

Keywords: Guided inkuiri-based learning, Cognitive in science problem solving


Abstrak: Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif pemecahan masalah sains anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 60 Tambaksari Surabaya. Sampel pada penelitian ini yaitu anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 60 Tambaksari Surabaya yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji wilcoxon dengan bantuan software SPSS for windows v.15. Hasil analisis data menunjukkan bahwa =0,000 lebih kecil dari =0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mempengaruhi kemampuan kognitif pemecahan masalah sains anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 60 Tambaksari Surabaya.

Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri terbimbing, Kemampuan kognitif pemecahan masalah sains
Published
2016-02-01
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 81