PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI MENGGAMBAR DENGAN PENCIL PADA ANAK KELOMPOK B

  • Mohamad Rofik
  • Dewi Komalasari

Abstract

Abstrak: This research used a classroom action research with qualitative approach using a repeating cycle. Each cycle consisted of four stages: The subjects of this study were 12 group B children in Al-Ihsani Kindergarten Podoroto Kesamben jombang. While, the data analysis techniques used was descriptive statistical based on based the reflection analysis of the cycle. The first cycle showed that the percentage of result was of 65.73% and then, the second cycle was 76.61%, therefore, it can be concluded that Group B Students’ creativity or ability in Drawing with Pencil In Al-Ihsani Kindergarten Podoroto Kesamben Jombang increases.

Keywords: Improving creativity, Drawing with pencil

 

Abstrk: Penelitian  tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui mengambar dengan pencil. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Ai-Ihsani Podoroto Kesamben  Jombang sejumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data itu menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik diskriptif. Hasil penelitian ini pada siklus I menunjukkan prosentase 65,73% dan dilanjutkan pada siklus II menunjukkan prosentase 76,61%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak dapat meningkat melalui menggambar dengan pencil sesuai dengan yang diharapkan.

Kata Kunci : Meningkatkan kreativitas, Menggambar dengan pencil
Published
2016-02-02
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 144