Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka 1-10 Melalui Bermain Roda Angka Kelompok A TK IDHATA UNESA

  • ENDANG MUSTIKOWATI

Abstract

Anak TK adalah subyek didik yang memiliki karakteristik tersendiri dan memiliki potensi untuk dikembangkan. Mengenal konsep angka 1-10 temasuk dalam pengembangan matematika permulaan yang perlu dikembangkan untuk anak Tk usia 3-4 tahun. Dengan adanya kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dengan bermain, media roda angka diharapkan  akan lebih memotivasi anak dalam mengikuti kegiatan mengenal konsep angka, menanamkan konsep dasar yang benar, kongkret, dan realistis. Bermain roda angka dapat digunakan untuk mengenal konsep angka pada anak TK melalui permainan sederhana, karena dalam pembelajaran bermain roda angka yang dilakukan terdapat angka-angka 1-10 yang dapat digunakan untuk belajar, sehingga pembelajaran tidak membosankan lebih bervariatif dan menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana bermain roda angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka 1-10 di kelompok A TK IDHATA UNESA”. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan desain model Spiral. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis stastistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, yaitu 56% meningkat menjadi 88%. Dilihat dari tabel perolehan skor pada siklus II, ternyata 22 anak atau 88% mencapai target yang diharapkanr, ini berarti dalam penelitian telah mencapai tingkat keberhasilan maksimal. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media roda angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka 1-10 pada kelompok A TK IDHATA UNESA telah berhasil dengan baik.

Kata kunci: Mengenal konsep angka 1-10 bermain roda angka, anak TK kelompok A

Abstract

Kindergartenchildren are students who have certain characteristics and  potency which must be developed. Recognizing numeric concept 1-10 is a kind of mathematical development for beginers which must be developed for 3-4 years old children. By playing numeric wheel in the learning process, the children are expected to be more motivated in following the lesson of numbers. It is also  expected to be able to give the appropriate, concrete, and real concept. Playing numeric wheel can be used to recognize number 1-10 for kindergarten children when the are learning. It can make their learning process not to be boring and can be more various and enjoyable. The research problem in this research is “How can the numeric wheel game improve childrens ability to recognize the numeric concept 1-10 at  group A of TK Idhata Unesa ?”. This research is aclssroom action research by using spiral model. The data collecting methods used in this research are documentation and observation. The data analysis used in this research is descriptive statistical analysis. The result shows that three is an improvement from the first cycle to the second cycle. It is 56% in the first cycle and it becomes 88% in the second cycle. The score table shows that in the second cycle, there are 22 children or 88% children can achieve the target. It means that this research can achieve the maximal achievement. It shows that the use of numeric wheel can improve the ability to recognize numeric concept 1-10 for group A of TK Idhata Unesa well.

Keywords :recognizing numeric concept 1-10, playing numeric wheel, group A of  kindergarten children.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 409