MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA KELOMPOK A

  • Ika Novelandari
  • Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract

Abstract: Research class action aims to understand teacher activity and the described how the mozaik can upgrading know the geometry. The subject of study is the son of a group kindergarten Alfi Munir Jombang of 12 the consisting of 7sons and 5 daughter. Data collection techniques used in this study was the observation made by colleagues and documentation activities in the form of photos of children in the learning process analysis techniques data on this research using analysis descriptive statistics. The results showed an increase in the form of know geometry 47,5 %. Based on the evaluation results from the cycle I and cycle II that its mozaik can upgrading know the geometry of group A .

Keywords: Ability to know the geometry, Mozaik activities.


Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan anak serta  mendeskripsikan kegiatan mozaik dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Alfi Munir Jombang dengan jumlah 12 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil penelitian menujukkan adanya  peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri  sebesar 47,5%. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan mozaik dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A.

Kata Kunci : Kemampuan  mengenal bentuk geometri, Kegiatan mozaik.

Published
2016-02-03
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 408