MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN 1-3 MELALUI MEDIA FLANEL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

  • Ika Sri Wahyuningsih
  • Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract

Abstract: This classroom action research aims to determine the activity of the teacher and the child’s activity in enhancing the ability to sort through the media flanel 1-3 in Play Group Bougenville Jombang. The subjecst of this study is children aged 3-4 years amounted to 15 childrens. Data colllection techniques used in this study was the observation made by colleagues and dokumentation activities in the form of photos of children in the  learning process. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results showed an increased ability sort 1-3 is 30,4%. Based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle can be concluded that through  the media can ability sort objects 1-3 through flannel media can improve the ability sort 1-3 in children aged 3-4 years.

Keywords: The ability to short 1-3, Flannel media, Children aged 3-4 years.


Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas anak dalam meningkatkan kemampuan  mengurutkan 1-3 melalui  media flanel di Kelompok Bermain Bougenville Jombang. Subyek penelitian ini adalah anak usia 3-4 berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan  pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil penelitian menujukkan adanya  peningkatan kemampuan mengurutkan 1-3 sebesar 30,4%. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II dapat disimpulkan  bahwa melalui media flanel dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan 1-3 pada anak usia 3-4 tahun.

Kata Kunci : Kemampuan Mengurutkan 1-3, Media Flanel, Anak usia 3-4 tahun
Published
2016-02-03
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 140