PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEREMAS KERTAS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

  • Fulanatin Fulanatin
  • Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract

Abstract: This classroom action research aims to determine the activity of the teacher and the activities of children in activities and squeezing paper describes improvement of fine motor skills trough activities squeezes paper on children aged 3-4 years in KB Marwah Kalibening. Subjects were children aged 3-4 years in KB Marwah Kalibening amounted to 10 children. Data collection techniques used in this study was the observation made by colleagues and documentation activities in the form of photos of children in the learning process. Data analysis techniques in this study using descriptive statistics. The result showed an increase in children fine motor skills by 20%. Based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle that sqqueezes paper activities can improve fine motor skills of children

Keywords: Fine motor skilles, Activity squeezing paper.


Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas anak dalam kegiatan meremas kertas dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meremas kertas pada anak usia 3-4 tahun di KB Marwah Kalibening. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Marwah Kalibening berjumlah 10 anak. Teknik pengunpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan didokumentasikan berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan kemampuan motorik halus anak sebesar 20%. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa kegiatan meremas kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Kata Kunci : Kemampuan motorik halus, Kegiatan meremas kertas
Published
2016-02-03
Abstract Views: 185
PDF Downloads: 3345