PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN BENDA BERDASARKAN UKURAN MELALUI MEDIA MANIK-MANIK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

  • Mudayanah Mudayanah
  • Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract

Abstract: This classroom action research aims to describe the activities to improve the ability to organising object based on the measure marble. Subjek were children aged 3-4 years in KB Cahaya Asri to 12 children . Data collection techniques used in this study was the observation made by colleagues and documentation activities in the form of photos of children in the learning process . Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis . The results from the first cycle got 58% . At the second cycle, there are 86%. Based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle is concluded that through printing marble can improve the ability organizing object based on the measuremarble.

Keyword: Ability organizing object Based onthe measure marble, Media manik-manik.


Abstrak : Penelitian  tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan mengelompokkan benda berdasarkan ukuran. Subjek penelitian adalah anak usia dini di KB Cahaya Asri  berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil yang didapat pada siklus 1 adalah 58%, sedangkan siklus 2 adalah 86%. Berdasarkan hasil dari siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa melalui media manik-manik dapat meningkatkan kemampuan mengelompokkan benda berdasarkan ukuran.

Kata Kunci: Kemampuan mengelompokkan benda, Media manik-manik.
Published
2016-02-04
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 1653