MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA MAGNET BERJALAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • Eries Tifanny Umi Masruroh
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan anak serta  mendeskripsikan kegiatan media magnet berjalan dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Muslimat Al-Husna Cukir Diwek  Jombang dengan jumlah 12 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil penelitian menujukkan adanya  peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan  sebesar 50,3%. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa media magnet berjalan dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A.

Kata Kunci : Kemampuan  mengenal konsep bilangan, Media magnet berjalan, TK.

 

Abstract:

Research class action aims to understand teacher activity and the described how the walking magnet as media  can upgrading know the recognize numberic concept. The subject of study is the son of TK Muslimat Al-Husna Cukir Jombang of 12 children the consisting of 5 sons and 7 daughter. Data collection techniques used in this study was the observation made by colleagues and documentation activities in the form of photos of children in the learning process analysis techniques data on this research using analysis descriptive statistics. The results showed an increase in the form of know recognize numberic concept 50,3%. Based on the evaluation results from the cycle I and cycle II that its walking magnet as media can upgrading know the recognize numberic concept of group A .

Keywords : Ability to know the The recognize numeric concept, Walking magnet media, Tk.
Published
2016-02-09
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 0