MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN MENYUSUN MENARA GELAS PLASTIK PADA KELOMPOK A

  • Dwi Ninis Mifrohah
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan bermain menyusun menara gelas plastik dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK PGRI berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan sebesar 36%. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II disimpulkan bahwa melalui bermain menyusun menara gelas plastik dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan.

Kata Kunci : Kognitif, Bermain Menyusun Menara Gelas Plastik, Anak usia dini.

 

Abstract

Research the act of this class aims to described play composing tower plastic cups can improve the ability know the concept of the number of 1-10. The subject of study is children aged 5 years in TK PGRI twelve children. Technique data collection used to research this is observation that done by companion and documentation of photos activities child in learning. Technique data analysis to research this using analysis descriptive statistics. The research results show the increased capacity know the concept of the number of equal to 36 %. Based on the evaluation the result of cycle I and II concluded that cycle through play composing tower plastic cups can improve the ability know the concept of the number.

Key Words: cognitive, play composing tower plastic cups, early childhood.
Published
2016-02-09
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 59