PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN MOZAIK UNTUK ANAK USIA 3–4 TAHUN

  • Atik Wulandari
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan mozaik dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna (merah, kuning dan hijau). Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Anggraeni berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal warna sebesar 29%. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II disimpulkan bahwa melalui kegiatan mozaik dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna.

Kata Kunci : Kemampuan mengenal warna, Kegiatan mozaik, Anak usia dini.

 

Abstract

This classroom action research aims to describe the activities to improve the ability to know collor (Red, Yellow, and Green). Subjects were children aged 3-4 years in KB Anggraeni amounted to 12 children. Data collection techniques used in this study was the observation made by colleagues and documentation activities in the form of photos of children in the learning process. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results showed an increased ability to recognize geometric shapes by 29%. Based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle are concluded that through Mozaik Activity can improve the ability to know color.

Keywords: The ability to recognize color, Mozaik activity, early childhood

Published
2016-02-09
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 47