PENGARUH PENERAPAN TEKNIK FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR SEDERHANA ANAK KELOMPOK B

  • Dian Rahmawati Dwi Agustin
  • Soeprajitno Soeprajitno

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik finger painting terhadap kemampuan menggambar sederhana anak kelompok B. Subjek penelitiannya adalah  22 anak  TK Setya Harapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik non parametric dengan menggunakan Wilcoxson Match Pairs Test (Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon). Hasil penelitian menunjukan bahwa T ˂ Tyaitu 0 < 49 artinya Ho ditolak dan Ha diteima. Berdasarkan hasil tersebut membuktikan bahwa teknik finger painting berpengaruh terhadap kemampuan menggambar sederhana anak kelompok B di TK Setya Harapan Surabaya.

Kata kunci: Finger painting, Menggambar Sederhana

 

Abstract

This quantitative study aimed to determine the effect of the finger painting technic  to affect the students simple drawing skill of student group B. The subject of this research is 22 SetyaHarapankindergarden students. Data collection techniques used in this research observation and documentation.The analysis technique as in this research is Wilcoxon Match Pairs Test. The result showed that T< T means that Ho rejected and Ha accepted. Based on these result prove that finger painting technique affect the students simple drawing skill of student group B in kindergardenSetyaHarapan Surabaya.

Keywords: Finger painting technique, students’ simple drawing skill
Published
2016-02-09
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 88