PENGARUH PENERAPAN TEKNIK FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR SEDERHANA ANAK KELOMPOK B
Abstract
Abstrak
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik finger painting terhadap kemampuan menggambar sederhana anak kelompok B. Subjek penelitiannya adalah 22 anak TK Setya Harapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik non parametric dengan menggunakan Wilcoxson Match Pairs Test (Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon). Hasil penelitian menunjukan bahwa T ˂ Tyaitu 0 < 49 artinya Ho ditolak dan Ha diteima. Berdasarkan hasil tersebut membuktikan bahwa teknik finger painting berpengaruh terhadap kemampuan menggambar sederhana anak kelompok B di TK Setya Harapan Surabaya.
Kata kunci: Finger painting, Menggambar Sederhana
Abstract
This quantitative study aimed to determine the effect of the finger painting technic to affect the students simple drawing skill of student group B. The subject of this research is 22 SetyaHarapankindergarden students. Data collection techniques used in this research observation and documentation.The analysis technique as in this research is Wilcoxon Match Pairs Test. The result showed that T< T means that Ho rejected and Ha accepted. Based on these result prove that finger painting technique affect the students simple drawing skill of student group B in kindergardenSetyaHarapan Surabaya.
Keywords: Finger painting technique, students’ simple drawing skillPDF Downloads: 88