PENGARUH PERMAINAN ABJAD BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK KELOMPOK A

  • Nur Fitriyah Solikah
  • Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh permainan abjad berbasis media audiovisual terhadap kemampuan membaca awal anak kelompok A. Subyek dalam penelitian ini anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Medalem dengan jumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon Match Pair Test. Hasil penelitian sebelum perlakuan adalah 119 dengan rata-rata 5,95, sedangkan hasil setelah perlakuan adalah 228 dengan rata-rata 11,4. Selain itu, nilai Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel= 52 dengan taraf signifikansi 5%. Jika Thitung < Ttabel (0<52). Dari hasil uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan abjad berbasis media audiovisual terhadap kemampuan membaca awal anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Medalem.

Kata kunci: Permainan abjad berbasis media audiovisual,  Membaca awal.

 

Abstract

This quantitative study aimed to verify the effect of the alphabet game audiovisual media based on early reading skills of children in group A. Subjects in this study were children in group A TK Dharma Wanita Persatuan Medalem with the number of 20 children. Data collection technique used observation and documentation. Data were analyzed using non-parametric statistical test of Wilcoxon signed ladder Match Pair Test. Results of the study before treatment was 119 with an average of 5.95, while the result after treatment was 228 with an average of 11.4. In addition, the value Thitung = 0 is smaller than Ttabel = 52 with a significance level of 5%. If Thitung <Ttabel (0 <52) we can conclude that there is influence alphabet game audiovisual media based on early reading skills in preschool children in group A Dharma Wanita Persatuan Medalem.

Keywords: Alphabet game-based media audio-visual, The initial reading.
Published
2016-02-09
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 87