PENGARUH PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION)TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BENTUK GEOMETRI ANAK KELOMPOK B TK AL SARI SURABAYA

  • DINDA RIZKITA RYANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran berdasarkan masalah (problem based instruction) terhadap kemampuan mengenal konsep bentuk geometri anak kelompok B TK Al Sari Surabaya. Sampel penelitian adalah anak kelompok B TK Al Sari Surabaya yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Macth Pairs Test dengan Thitung <Ttabel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan (pre-test) adalah 5,65, sedangkan nilai rata-rata sesudah diberi perlakuan (post-test) adalah 7,6. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% (0,05) = 0,52 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berdasarkan masalah berpengaruh terhadap konsep bentuk geometri anak kelompok B TK Al Sari Surabaya. Perkembangan ini terjadi karena dalam pembelajaran mengenal konsep bentuk geometri, guru mengarahkan anak secara bertahap dan disesuaikan dengan tahap penegenalan bentuk geometri, serta media yang digunakan berupa balok sehingga anak lebih mudah belajar mengenal konsep bentuk geometri.

Kata kunci : pembelajaran berdasarkan masalah, bentuk geometri.

 

Abstract

This quantitative research aims to study the existence of the effect of problem based instruction to concept of geometry shapes on students of group B TK Al Sari Surabaya. Sample of the research was students group B at TK Al Sari Surabaya with the amount of 20 children. Data was collected by using observation and test techniques. Data were analyzed using the Wilcoxon Macth Pairs Test  is used as data analysis technique with Tcalculated<Ttable. Based on the research that has been conducted, so the result is pretest score is 5.65 in average and posttest score is 7.6 in average. Result of data analysis indicates that T calculated = 0 less than T table with significance level 5% (0.05) = 0.52 so Ha is accepted and Ho is rejected. Therefore it can be concluded that problem based instruction has effect to concept of geometry shapes on students of group B TK Al Sari Surabaya.  This progress may occur  because in learning of introducing concept of geometry shapes, teacher directs students  step by step  and be adjusted to  the introduction level of geometry shapes. Media used in this case is blocks so students will be easier to learn concept of geometry shapes. 

Keywords: problem based learning, geometry shapes.

Published
2016-11-11
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 31