PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN MAGIC BAG PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI PPT TUNAS  BANGSA

  • YULI UTAMI

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri (segitiga, segiempat , lingkaran) melalui permainan magic bag pada tahun pelajaran 2016-2017.  Subjek penelitian adalah anak usia 2-3 tahun di PPT Tunas Bangsa yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian siklus I, aktivitas guru menunjukkan persentase sebesar 75% dan pada siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 78,75%. Aktivitas anak pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 51,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 75%. Kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 2-3 tahun di PPT Tunas Bangsa pada siklus I tingkat perkembanganya memperoleh persentase sebesar 53% dan pada siklus II meningkat menjadi persentase 77,75%. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan mengenal bentuk geometri melalui permainan magic bag.

Kata Kunci: Geometri, permainan magic bag

Abstract

This classroom action research aims to describe upgrades recognize geometric shapes (triangles, rectangles, circles) through the game magic bag in the academic year 2016-2017. Subjects were children aged 2-3 years in PPT Tunas Bangsa totaling 15 children. The Data collection techniques in this study using observation and data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results of the first cycle of research, the activities of teachers shows the percentage of 75% and the second cycle increased percentage of 78.75%. Activities of children in the first cycle shows a percentage of 51.5% and the second cycle increased percentage of 75%. The ability to know the geometry of children aged 2-3 years in PPT Tunas Bangsa in the first cycle level development earn a percentage of 53% and the second cycle percentage increased to 77.75%. Based on the above, it can be concluded that an increase in the forms of geometry through games magic bag. 

Keywords: Geometric Shapes, Games Magic Bag 

 

 

Published
2016-12-21
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 55