MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DALAM BUDAYA ANTRI ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI KEGIATAN FUN GAME DI PPT MENTARI PAGI SURABAYA

  • PURWANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan dalam budaya antri anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan fun game. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di PPT Mentari Pagi Surabaya yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari  penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 46,87% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,25%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 43,75% meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Nilai rata-rata kedisiplinan anak 3-4 tahun di PPT mentari Pagi Surabaya pada siklus I tingkat perkembangannya  memperoleh  persentase sebesar 49,10% dan siklus II meningkat dengan persentase 81,20%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan dalam budaya antri anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan fun game.

Kata kunci : anak usia 3-4 tahun, kedisiplinan dalam budaya antri, fun game 

 

Abstract 

This Classroom action research aims to describe the increase in the culture of queuing discipline children aged 3-4 years through fun games. The subjects were children aged 3-4 years in PPT Mentari Pagi Surabaya numbering 16 children. Data collection techniques in this study using observation and data analysis techniques using descriptive statistical analysis. The results of this study in the first cycle of teacher activity shows the percentage of 46.87% and then on the second cycle increased to 81.25%. Activities of children in the first cycle increased by 43.75% to 81.25% in the second cycle. The average value of discipline of children 3-4 years old in the PPT Mentari Pagi Surabaya in the first cycle of its development level earn a percentage of 49.10% and the second cycle increased with the percentage of 81.20%. Based on the above it can be concluded that an increase in the culture of queuing discipline children aged 3-4 years through fun games. 

Keywords : children age 3-4 years old, discipline in queuing habit, fun game

 


Published
2016-12-21
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 1377