PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN MEDIA MONOPOLI MODIFIKASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL VIRTUE  SIDOARJO

  • LATHIFAH HANIM

Abstract

Abstrak

        Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui  peningkatan kemampuan mengenal konsep  bilangan yaitu menyebutkan lambang bilangan 1-20, menggunakan lambang bilangan 1-20 untuk menghitung, dan mencocokkan bilangan 1-20 dengan lambang bilangan, melalui media monopoli   modifikasi. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian siklus I aktivitas guru sebesar 75% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 87.5%. Aktivias anak pada siklus I sebesar 59.4%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 84.4%. Hasil penelitian pada sikuls I menunjukkan  bahwa hasil kemampuan mengenal konsep bilangan anak sebesar 41.5% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81.15%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui media monopoli modifikasi dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal konsep bilangan di TK Al Virtue Sidoarjo.

        Kata Kunci: Mengenal Konsep Bilangan, monopoli modifikasi

Abstrack

This classroom action research aims to determine the increase in the ability to know the concept of numbers, says the emblem of numbers 1-20, use symbols to count numbers 1-20, and 1-20 match numbers with the symbol number, through the media monopoly modifications. The subjects of this study is children aged 5-6 years amounted to 16 children. Data collection techniques and data analysis techniques using quantitative descriptive. The results of the first cycle studies teacher activity by 75% and the second cycle increased by 87.5%. Activities of children in the first cycle of 59.4% on the second cycle increased by 84.4%. The results of the study in the first cycle results show that ability to know the number of the concepts of 41.5% and the second cycle increased to 81.15%. Based on these results it can be concluded that the learning activities with monopoly media modifications can improve the ability to recognize the concept of numbers in kindergarten Al Virtue Sidoarjo. 

Keyword: to know the concept of number, modification monopoly

 

Published
2016-12-21
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 194