PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN DAKON MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK KELOMPOK A

  • Hety Suta Pradanawati

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh penggunaan permainan dakon modifikasi terhadap kemampuan membilang anak kelompok A. Penelitian pada anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 99 dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membilang angka 1-10. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Muslimat NU 99 Sekapuk Ujungpangkah Gresik yang berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test dengan Thitung < Ttabel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka hasil data yang diperoleh dari nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan (pre-test) adalah 3,33 sedangkan nilai rata-rata sesudah diberi perlakuan (post-test) adalah 7,29. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% (0,05) = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan dakon modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan membilang anak kelompok A di TK Muslimat NU 99 Sekapuk Ujungpangkah Gresik.

 Kata Kunci : Kemampuan, membilang, permainan, dakon modifikasi

 

Abstract 

This quantitative research aims to study the existence of the influence used of the game dakon the modification on the ability to take into account to group A children. The study in children aged 4-5 years in kindergarten NU 99 was motivated by the lack of ability to count the number 1-10. The population was group A children at TK Muslimat NU 99 Sekapuk Ujungpangkah Gresik which numbered 24 children. The technique of data collection used observation and documentation technique while the technique of data analysis used table of Wilcoxon Match Pairs Test with Tcounted < Ttable. Based on the research that has been conducted, the result of pre-test was 3,33 and post-test was 7,29 in average. The result of data analysis indicated that Tcounted = 0 less than Ttable with significance level 5% (0,05) = 0,05 so Ha was accepted and Ho was rejected. Thus, it could be concluded that game dakon the modification influenced on the abilityto take into account of group A children at TK Muslimat NU 99 Sekapuk Ujungpangkah Gresik.

Keywords : Counting, ability, game, dakon the modification

 

 

 

Published
2017-01-06
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 165