UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI STRATEGI BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK A TK PANCASILA I KECAMATAN KARANG PILANG SURABAYA

  • CHORINA PURNAMA SARI

Abstract

Salah satu aspek kemampuan dasar yang dikembangkan di TK adalah pengembangankemampuan dasar berbahasa dalam hal berbicara. Dengan adanya anak memiliki kemampuandalam berbicara maka secara otomatis anak akan mampu mengekspresikan atau mengungkapkanbahasa lisan dalam bentuk komunikasi yang baik dan benar. Kemampuan berbicara anakmerupakan kunci utama anak untuk dapat bergaul dengan temannya, karena itu untuk dapatberbicara atau berkomunikasi dengan baik dan benar, maka anak-anak memerlukan kesempatanuntuk berbicara dan didengarkan. Salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkankemampuan berbicara anak adalah melalui bernyanyi. Dengan anak bernyanyi maka artikulasinyaterlatih untuk berucap dengan benar, olah vocal anak dapat cepat berkembang, sertaperbendaharaan kata-kata anak juga akan makin bertambah dengan baik. Berdasarkan uraian latarbelakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1)Bagaimanakah penerapanstrategi bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TKPancasila I Kecamatan Karang Pilang Surabaya? (2)Bagaimanakah peningkatan kemampuanberbicara pada anak kelompok A TK Pancasila I Kecamatan Karang Pilang Surabaya setelahpenerapan strategi bernyanyi ? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Untuk mendeskripsikanpenerapan strategi bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok ATK Pancasila I Kecamatan Karang Pilang Surabaya. (2)Untuk mendeskripsikan peningkatankemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Pancasila I Kecamatan Karang Pilang Surabayasetelah penerapan strategi bernyanyi. Peneliti akan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Observasi) yang dirancang melalui 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada tiapsatu siklusnya. Peneliti memanfaatkan strategi bernyanyi sebagai alat bantu pembelajaran danterlihat ketuntasan kemampuan berbicara anak mencapai 85%. Diharapkan penelitian ini dapatmenjadi acuan baru, sebagai variasi pembelajaran dalam rangka upaya guru meningkatkankemampuan berbicara melalui strategi bernyanyi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwamelalui strategi bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TKPancasila I Kecamatan Karang Pilang Surabaya.

Kata kunci : kemampuan berbicara, strategi bernyanyi

Abstract

One of the basic skills which must be developed in the kindergarten is language skill,especially speaking skill. By having speaking skill, the children will be able to express or delivertheir oral language in the form of communication. Children’s speaking skill is an important key tosocialize with their friends. The children need chance to speak and to be listened by others to makethem be able to speak or communicate well. One of learning strategy which can improvechildren’s speaking skill is singing. Through singing, children’s articulation will be trained so thatthey can speak well, their vocal will be developed quickly, and their vocabularies will beincreased. Based on the background of the study above, the research questions in this study are;(1) how is the use of singing strategy to improve children’s speaking skill at group A of TKPancasila I Karang Pilang Surabaya? (2) How are the children’s speaking improvement after theywere given singing strategy at group A of TK Pancasila I Karang Pilang Surabaya. The purposesof this research are to describe the use of singing strategy to improve children’s speaking skill atgroup A of TK Pancasila I Karang Pilang Surabaya and to describe the children’s speaking improvement after applying singing strategy at group A of TK Pancasila I Karang PilangSurabaya. This research is a classroom action research which consists of two cycles. Each cycleconsists of two meetings. The researcher uses singing strategy in learning process to improvechildren’s speaking skill until 85%.This research is expected to be a new reference for a learningvariety so that the teacher can improve their students’ speaking skill through singing. Based on theresearch, it can be concluded that the use of singing strategy can improve children’s speaking skillof group A of TK Pancasila I Karang Pilang Surabaya.

Keywords : speaking skill, singing strategy

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 427