MENGEMBANGKAN MOTIRIK HALUS MELALUI ORIGAMI PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KALI RUNGKUT SURABAYA

  • SUMILAH

Abstract

Perkembangan motirik halus perlu diberikan kepada anak mulai usia dini. Kebutuhan motorik halus adalah kebutuhan manusia yang universal, diantaranya adalah seni melipat kertas. Kemampuan melipat kertas pada anak usia dini merupakan wahana untuk membantu menyiapkan anak agar anak kreatif, inovatif, dan memiliki kepekaan yang tinggi terutama untuk meningkatkan kemampuan motirik halus anak. Hal ini merupakan tugas bagi guru Taman Kanak-Kanak untuk berusaha semaksimal mungkin agar tujuan dapat tercapai. Peneliti membuat penelitian ini untuk mengembangkan motirik halus siswa Taman Kanak-Kanak melalui kegiatan melihat kertas di TK Dharma Wanita Surabaya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan guru sebagai peneliti. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk memperbaiki pola pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang menggunakan nilai observasi rata-rata dan persentase keberhasilan dalam mengembangkan motirik halus anak. Pembelajaran melipat kertas dikategorikan aktif, sehingga setiap siklus mengalami peningkatan keberhasilan belajar mulai pembelajaran siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil analisis data pada siklus III menunjukkan bahwa keberhasilan kemampuan melipat kertas untuk mengembangkan motirik halus anak telah tercapai.

Kata kunci : kegiatan melipat kertas, pengembangan motirik halus anak

Abstract

Fine motor skill must be given to the students as early as possible. The need for fine motor is a universal need. One of them is origami through folding the paper. The skill to fold the paper for young learners is a way to help the children become a crative and innovative child. Besides that, it can also be used to improve children’s fine motor skill. This is a job for kindergarten teachers to try hard so that the learning goals can be achieved. The researcher conducts this research to develop students’ fine motor skill at kindergarten through folding paper activity at TK Dharma Wanita Kali Rungkut Surabaya. This research is a classroom action research with the teacher as the researcher. This classroom action research is conducted to improve learning process. Based on the data analysis which uses average observation, there is an improvement of successful percentage in developing children’s fine motor skill. The learning process of folding paper is categorized active, so every cycle gets the improvement. The result of the data analysis in the third cycle shows that there is an improvement of children’s fine motor skill development through folding paper.

Keywords ; folding paper activity, children’s fine motor skill development.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 104