Metode Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Kelompok A di TK. Ria Baruk Utara VIII/35 Rungkut – Surabaya

  • SUGIWATI

Abstract

Bermain merupakan sarana yang menyenangkan bagi anak-anak maupun remaja, terutamaanak-anak usia dini. Dimana usia dini adalah usia emas. Karena itu, sebaiknya kita dapat memberi modalbagi setiap anak untuk dapat mengembangkan kemampuan kognitif, misalnya: membilang ataumenyebutkan nama-nama benda/bilangan. Dengan mengembangkan kognitif anak usia dini, maka dapatmelatih ataupun mengingat daya fikir masing-masing anak.Permasalahan yang ada pada TK RIA dimana dari 10 anak masih mengalami kelemahan dalammengingat maupun membilang angka 1-10. Selain itu, yang menjadi salah satu masalah adalah alat hitungyang kurang menarik dan juga guru kurang maksimal dalam menggunakan alat peraga. Sehingga, salahsatu strategy yang dapat membantu meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini adalah bermainular tangga ,dengan metode bermain ular tangga anak terfokus untuk mengikuti proses kegitanpembelajaran .Tujuan dari metode bermain ular tangga adalah untuk meningkatkan perkembangankognitif kelompok A di TK RIA Baruk Utara Vlll/35 Rungkut Surabaya.

kata kunci : bermain ular tangga, perkembangan kognitif

Abstract

Playing a game is a media to make happy not only for adult but also for children. Especially forchildren, because they are in the best age. Thus, we must give a basic capital for every child to exploretheir cognitive development for example: spelling the numbers or the names of equipment. So that, theyneed to improve their cognitive by using children’s cognitive. So, they can develop and train their effortto remember all about it.Nevertheless, the problem in TK RIA is from ten children still getting the difficulties inremembering the whole numbers one to ten. Beside of it, one of the problem is about the media because itdoes not make them interest in that media and also the teachers do not maximal to use this media.

keyword: playing snake ladders, cognitive development level

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 601