PENGARUH MEDIA MATCHING BOARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK RINA SURABAYA

  • NORMA ENDIRA

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media matching board terhadap kemampuan mengenal konsep geometri anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Rina Surabaya yang berjumlah 24 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar observasi serta dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Match Pairs Test) dengan rumus Thitung < Ttabel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka hasil data yang diperoleh dari nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan (pre-test) adalah 2,3 sedangkan nilai rata-rata sesudah diberi perlakuan (post-test) adalah 3,5. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel N = 24 dengan taraf signifikan 5% (0,05) = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media matching board terhadap kemampuan mengenal konsep geometri anak usia 5-6 tahun di TK Rina Surabaya.

Kata Kunci : media matching board, kognitif, geometri.

 

Abstract

This quantitative research aims to study the existence of the influence used of matching board media to the cognitive ability of recognizing geometry concept for 5-6 years old children. Subject of the research is 24 children from class B in TK Rina Surabaya. The method of collecting data is the observations which use the assessment tools such as documentation and observation sheets. Data analysis use non-parametric statistic by using Wilcoxon (Wilcoxon Match Pairs Test) with Tcounted < Ttable. Based on the research that has been conducted, the result of pre-test was 2,3 and post-test was 3,5 in average. The result of data analysis indicated that Tcounted = 0 less than Ttable  N = 24 with significance level 5% (0,05) = 0,05 so Ha was accepted and Ho was rejected. Thus, it could be concluded that media matching board influenced on the cognitive ability of recognizing geometry concept for 5-6 years old children in TK Rina Surabaya. 

Keywords : matching board media, cognitive, geometry.

Published
2017-01-10
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 300