STUDI KASUS PENGGUNAAN PERMAINAN LOMPAT TALI SEBAGAI STIMULASI MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK HANGTUAH 3 SURABAYA

  • MARIA DEVITA EKA SETYANINGSIH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kemampuan motorik kasar anak melalui permainan lompat tali. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dengan subyek penelitian anak kelompok B di TK Hang Tuah 3 Surabaya yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data selama penelitian terlihat bahwa permainan lompat tali dapat meningkatkan motorik kasar anak kelompok B di TK Hang Tuah 3 Surabaya. Sepuluh orang anak (memperoleh 50%) nilai 4 (sangat baik) dan sisanya memperoleh nilai 3 dalam hal melompat dengan satu kaki. Padahal, melompat dengan dua kaki sejumlah 12 anak (memperoleh 60%) memperoleh nilai 4 (sangat baik) dan sisanya cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan melompat anak di Hang Tuah 3 Surabaya terstimulasi dengan baik melalui kegiatan lompat tali.

Kata Kunci : Permainan Lompat Tali, Motorik Kasar Anak

 

Abstract 

This study aims to describe how the gross motor skills of children through play jump rope. This study uses qualitative research. The technique of collecting data through observation, interviews, documentation with research subjects in kindergarten children in group B 3 Hang Tuah Surabaya of 20 people. Based on the research and analysis of data during the research shows that the jump rope game can improve gross motor skills in kindergarten children in group B 3 Hang Tuah Surabaya. Ten children (50% gain) value of 4 (very good) and the rest scored 3 in the case of hopping on one foot. Whereas jump with two feet of a total of 12 children (60% gain) obtained a value of 4 (very good) and the rest is pretty good. This suggests that the ability of a child jumping in Hang Tuah 3 Surabaya stimulated with either through jumping rope.

Keywords: Games Jump Rope, Rough Motoric Children

Published
2017-04-10
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 702