PENGARUH BERMAIN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SABILUL HIKMAH SURABAYA

  • Durrotul Milla

Abstract

Abstrak

Penelitian Quasi Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain lego terhadap kemampuan mengenal warna anak kelompok A di TK Sabilul Hikmah Surabaya. Populasi penelitian adalah anak kelompok A di TK Sabilul Hikmah Surabaya dengan sampel 20 anak kelompok A1 dan 20 anak kelompok A2. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Mann Whitney U-Test ( Uji U) dengan rumus Uhitung < Utabel (α=0,05). Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Uhitung=34 dan Utabel=114, maka 34<114. Jika harga Uhitung lebih kecil daripada Utabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bermain lego berpengaruh terhadap kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A di TK Sabilul Hikmah Surabaya.

Kata Kunci: Lego,Kemampuan mengenal warna

 

Abstract

Quasi Experimental Design this study aims to determine the effect of playing lego on the ability to recognize the color of the group A children in Kindergarten Sabilul Hikmah Surabaya. The study population was A group of children in Kindergarten Sabilul Hikmah Surabaya with samples of 20 A1 group children and 20 A2 group children. Data collection techniques used observation and documentation methods. Technique of analyzing this research data using Mann Whitney U-Test (U Test) with formula Ucount <Utable (α = 0,05). Based on the results of data processing obtained Ucount = 34 and Utable = 114, then 34 <114. If the price Ucount smaller than Utable, then Ho is rejected and Ha accepted. So, it can be concluded that playing lego effect on the ability to recognize the color of children in group A in Kindergarten Sabilul Hikmah Surabaya

Keywords:. Lego, The ability to recognize color

Published
2017-05-09
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 505