PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU 16MIFTAHUL ULUM GRESIK

  • Khoirotul Hikmah

Abstract

Abstrak

Penelitian  Pre-Eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A TK Muslimat NU 16 Miftahul Ulum Gresik. Sampel dalam  penelitian ini adalah anak kelompok A TK Muslimat NU 16 Miftahul Ulum Gresik dengan jumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data mengnakan opservasi dan  tes. Teknik analisis data menggunakan statistik non  parametrik uji jenjang Wilcoxon (wilcoxon match pairs test). Hasil perhitungan data menunjukkan ada perbedaan pretest dan posttest yang semula 136 menjadi 192. Perhitungan uji jenjang bertanda Wilcoxon bahwa nilai Thitung < Ttabel (0<25) maka Ha diterima karena Thitung < Ttabel (0<25) dan Ho ditolak karena Thitung > Ttabel (0<25), maka pengambilan keputusan yaitu Ha diterima karena Thitung < Ttabel (0<25) dan Ho ditolak karena Thitung>Ttabel (0>25). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa ada pengaruh yang signifikan setelah diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri.

Kata kunci : Model Pembelajaran Ekspositori, Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri

 

 

Abstract

Pre-Experimental Research aims to determine the influence of Expository model of learning on the ability to recognize geometric shapes in children group A TK Muslimat NU 16 Miftahul Ulum Gresik. The sample in this research is children of group A TK Muslimat NU 16 Miftahul Ulum Gresik with number of 15 children. Technique of collecting data using observation and test. Data analysis techniques use non-parametric statistics Wilcoxon level test (wilcoxon match pairs test). The result of the data calculation shows that there is a difference of pretest and posttest which is 136 to 192. Calculation of Wilcoxon marked level test that the value of Thitung <Ttabel (0 <25) Ha is accepted because T hitung <T table (0 <25) and Ho is rejected because T hitung> T tabel ( 0 <25), then the decision of Ha is accepted because Thitung <Ttabel (0 <25) and Ho is rejected because T hitung> T table (0> 25). Based on the results of the study can be concluded that there is a significant effect after being given treatment in the form of application of expository learning model on the ability to recognize geometric shape

Keywords:  Expository Learning Model, To Recognize the Ability of Geometric Shapes

Published
2017-05-10
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 232