PENGARUH MODEL PEBELAARA INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK KELOMPOK A

  • DESY ATHIYAH ALI HIKMAH

Abstract

Abstrak

Penelitian Quasi Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A di TK Muslimat Al-Husna Cukir Diwek Jombang. Subyek penelitian berjumlah 15 anak untuk kelompok eksperimen (A2) dan 15 anak untuk kelompok kontrol (A4). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U-Test dengan menggunakan bantuan SPSS 20 dengan rumus Uhitung < Utabel dan dilihat dari Asymp Sig 2-tailed < α(0,05).Berdasarkan pengolahan data diperoleh Uhitung (24,5) < Utabel (64) dan Asymp Sig 2-tailed (0,000) < α(0,05), maka H0 ditolah dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulksn bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A di TK Muslimat Al-Husna Cukir Diwek Jombang.

Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan mengenal bentuk geometri.

Abstract

The purpose in this Quasi Eksperimental Design design research to determine the influence of guided inquiry learning model on the ability to recognize the geometry of A group children in Kindergarten Muslimat Al-Husna Cukir Diwek Jombang. The subjects were 15 children for the experimental group (A2) and 15 children for the control group (A4). Data collection techniques use observation, tests and documentation. The data analysis technique used Mann Whitney U-Test test using SPSS 20 with the formula Uhitung <Utabel and seen from Asymp Sig 2-tailed <α (0,05). Based on data processing, Uhitung (24,5) <Utabel (64 ) And Asymp Sig 2-tailed (0,000) <α (0.05), then H0 is processed and Ha is received. Thus it can be concluded that guided inquiry learning has a significant effect on the ability to recognize the geometry of A group children in Kindergarten Muslimat Al-Husna Cukir Diwek Jombang.

Keywords: The guided inquiry learning model, the ability to recognize geometric shapes

Published
2017-05-12
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 46