PENGARUH MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CABANG LOCERET NGANJUK

  • Betti Juariyah

Abstract

Abstrak

Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media celemek cerita terhadap keterampilan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Loceret Nganjuk. Populasi penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Loceret Nganjuk dengan sampel 16 anak kelompok A. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel . Dari hasil pengolahan data maka diperoleh skor antara sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan (post-test) signifikan 5% dengan N = 16 diperoleh Ttabel sebesar 30 (Thitung < Ttabel yaitu jumlah yang semula 72 menjadi 99. hasil  uji perbandingan dengan uji Wilcoxon menunjukkan Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf = 0 < 30). Dengan ini maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa media celemek cerita berpengaruh terhadap keterampilan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Loceret Nganjuk.

Kata Kunci: Media Celemek Cerita, Keterampilan Menyimak.

 

Abstract

Research Pre Experimental Design aims to determine the influence of apron story media on the skills to listen to children aged 4-5 years in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal Loceret Branch Nganjuk. The study population is children aged 4-5 years in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal Loceret Branch Nganjuk with a sample of 16 children group A. Techniques Data collection using observation and documentation. Data analysis technique of this research using Wilcoxon Matched Pairs Test with Tcount <Ttableformula . From result of data processing hence got score between before treatment (pre-test) and after treatment (post-test) that number of original 72 become 99. Result of comparison test with Wilcoxon test show Tcount = 0 smaller than Ttable with significant level 5% with N = 16 obtained T table of 30 (Tcount <Ttable = 0 <30). With this then Ho is rejected and Ha accepted. Based on the above description can be concluded that the apron story media effect on the skills of listening children aged 4-5 years in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal Loceret Branch Nganjuk .

Keywords: apron story media, listening skills

Published
2017-05-24
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 127