PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK KELOMPOK A TK HIDAYATULLAH SURABAYA

  • Roudlotul Hikmah

Abstract

Abstrak Penelitian Pre-Experimental ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap kemampuan menulis permulaan anak kelompok A di TK Hidayatullah Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Hidayatullah Surabaya dengan jumlah masing-masing 18 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan analisis data tentang kemampuan menulis sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran induktif kata bergambar diperoleh hasil perbedaan pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon match pair test dibantu dengan software IBM SPSS 20. Dari hasil pengolahan data diperoleh signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan H0 ditolak karena sig<0,05 (0,00<0,05). Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap kemampuan menulis anak kelompok A di TK Hidayatullah Surabaya. Kata Kunci: pembelajaran induktif kata bergambar, menulis Abstract This pre experimental research the purpose of this study is to determine the inductive learning with pictorial word to writing in group A TK Hidayatullah Surabaya. Subjects in this study were children in group A TK Hidayatullah Surabaya with the amount of each 18 children. Technique of data accumulation in this research is observation, test and documentation. This approach is used to determine the difference between the writing ability before treatment is given and after treatment is given using inductive learning of pictorial word. Technique of data analysis using Wilcoxon match pair test assist with software IBM SPSS 20 result obtained significant 0,000 is smaller than 0,05. So that can be decided that Ha accepted and H0 rejected because sig <0,05 (0,000<0,05). So it can be concluded that there is influence of inductive learning model of pictorial words to the ability to write a group A children in TK Hidayatullah Surabaya. Keywords: inductive learning with pictorial word, writing.

Published
2017-06-02
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 19