PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B

  • Septianingdyah Rahmawati

Abstract

Abstrak

Penelitian Quasi Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada  pengaruh pembelajaran sentra bahan alam terhadap kemampuan sains anak kelompok B di RA Baitul Muttaqien Surabaya. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Baitul Muttaqien yaitu 15 anak kelompok eksperimen (B1) dan 15 anak kelompok kontrol (B2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U-Test dengan menggunakan bantuan SPSS 20 dengan rumus Uhitung < Utabeldan dilihat dari Asymp Sig 2-tailed < α (0,05). Berdasarkan pengolahan data diperoleh Uhiung (20) < Utabel (64) dan Asymp Sig2-tailed (0,000) < α (0,05), maka H0 di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  pembelajaran sentra bahan alam berpengaruh signifikan terhadap kemampuan sains anak kelompok B di RA Baitul Muttaqien Lidah Wetan Tengah Surabaya

Kata Kunci: Pembelajaran sentra bahan alam, kemampuan sains.

 

Abstract

Quasi Experimental Design This study aims to determine whether there is an effect of learning center of natural materials on the science ability of children group B in RA Baitul Muttaqien Surabaya. Subjects in this study were group B children in RA Baitul Muttaqien, 15 experimental group (B1) and 15 control group (B2). Data collection techniques used are observation, documentation and tests. The data analysis technique used Mann Whitney U-Test test using SPSS 20 with the formula Uhitung <Utabel and seen from Asymp Sig 2-tailed <α (0,05). Based on data processing obtained Uhiung (20) <Utabel (64) and Asymp Sig2-tailed (0,000) <α (0,05), then H0 is rejected and Ha is accepted. Thus it can be concluded that learning centers of natural materials significantly influence the science ability of children group B in RA Baitul Muttaqien Lidah Wetan Tengah Surabaya 

Keywords: Learning center of nature, science ability.

Published
2017-06-02
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 21