PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN SAINS MENGENAL OSMOSIS TANAMAN ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA TRAWAS MOJOKERTO

  • PURBA INTAN MUSTIKA

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode proyek terhadap kemampuan sains mengenal osmosis tanaman anak kelompok B TK Dharma Wanita Trawas Mojokerto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 24 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan menggunakan bantuan IBM SPSS 20 dengan rumus Asymp. Sig. (2 tailed)< α (0,05). Berdasarkan hasil perhitungan data, didapatkan nilai Sig. (0,000) < α (0,05), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya metode proyek berpengaruh terhadap kemampuan sains mengenal osmosis tanaman anak kelompok B TK Dharma Wanita Trawas Mojokerto.

Kata Kunci: Metode proyek, kemampuan sains.

 

Abstract

This quantitative research with Pre Experimental Design research design is aimed to find out whether there is influence of project method to the science ability to know osmotic of plant on group B TK Dharma Wanita Trawas Mojokerto. The sample used in this study amounted to 24 children of group B. Technique of collecting data used is observation and test. The data analysis technique used Wilcoxon Signed Rank Test with the help of IBM SPSS 20 with formula Asymp. Sig. (2 tailed) <α (0.05). Based on the data calculation, obtained Sig value. (0.000) < α (0,05), hence it can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted which means project method has influence to science ability to recognize osmotic of plant of group B TK Dharma Wanita Trawas Mojokerto.

Keywords: Project method, science ability.

Published
2017-06-02
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 36