PENGARUH METODE BERCERITA BERMEDIA WAYANG HEWAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK A

  • Septieniansyah Catur Yogiehastuti

Abstract

Abstrak

Penelitian Quasi Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh  metode bercerita bermedia wayang hewan terhadap keterampilan menyimak anak kelompok A di TK Islam Asfiyah Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok A di TK Islam Asfiyah Surabaya yaitu 20 anak kelompok eksperimen (A1) dan 20 anak kelompok kontrol (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U-Test dengan bantuan SPSS 20, dengan rumus Uhitung<Utabel dan dilihat dari Asymp Sig 2-tailed < α (0,05). Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai Asymp Sig 2-tailed < α (0,05), hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode bercerita bermedia wayang hewan berpengaruh terhadap keterampilan menyimak anak kelompok A TK Islam Asfiyah Surabaya.

Kata Kunci: metode bercerita, wayang hewan, keterampilan  menyimak.

 

Abstract

Quasi Experimental Design This study aims to determine whether there is influence of the method of storytelling bermlay puppet animal skills listening to the group A in kindergarten Islam Asfiyah Surabaya. Subjects in this study were group A in Asfiyah Islam Kindergarten Surabaya, which were 20 children of experimental group (A1) and 20 children of control group (A2). Data collection techniques used are observation and documentation. Data were analyzed using the Mann Whitney U-Test with SPSS 20, with the formula U count <U tables and views of Asymp Sig 2-tailed <α (0.05). From the result of data processing obtained by Asymp Sig 2-tailed <α (0,05), it indicates that Ho is rejected and Ha accepted. Based on the above description, it can be concluded that the method of storytelling bermlay puppet effect on the skills of listening children AK TK Islam Asfiyah Surabaya.

Keywords:  storytelling method, animal puppets, listening skills.

Published
2017-06-16
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 50