PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN SAINS MENGENAL HUBUNGAN SEBAB AKIBAT PADA ANAK KELOMPOK B-TK DI TK-SD SATU ATAP KEDUNGREJO TANJUNGANOM NGANJUK

  • Reni Devitasari

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif dengan Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan sains mengenal hubungan sebab akibat pada anak kelompok B-TK di TK-SD Satu Atap Kedungrejo Tanjunganom Nganjuk. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B di TK-SD Satu Atap Kedungrejo Tanjunganom Nganjuk dengan sampel 20 anak kelompok B.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pair Test dengan rumus Thitung<Ttabel dan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika Thitung<Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data diperoleh Thitung=0 dan Ttabel untuk N=20 dengan taraf signifikan 5% adalah senilai 52, maka 0<52. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri memberikan pengaruh terhadap kemampuan sains mengenal hubungan sebab akibat pada anak kelompok B-TK di TK-SD Satu Atap Kedungrejo Tanjunganom Nganjuk.

Kata Kunci: strategi pembelajaran inkuiri, kemampuan sains

 

Abstract

This quantitative research with Pre-Experimental Design aims to review wheter there is effect of inquiry learning strategy to the science ability to know about causal reasoning of children goup B in TK-SD Satu Atap Kedungrejo, Tanjunganom, Nganjuk. The population on this research  is children group B in TK-SD Satu Atap Kedungrejo, Tanjunganom, Nganjuk. Subjects in this study are 20 children drom group B in TK-SD Satu Atap Kedungrejo, Tanjunganom, Nganjuk. The technique of collecting data in this research is using observation and test. Data analysis technique in this research is using nonparametric statistic with Wilcoxon Match Pair Test with formula Thitung<Ttabel and with using the significant level 5% which is 52, thus 0<52. From the result of data analysis, it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. So, it can be concluded that inquiry learning strategy gives effect to science ability to know about causal reasoning of children goup B in TK-SD Satu Atap Kedungrejo, Tanjunganom, Nganjuk. 

Keywords: inquiry learning strategy, science ability

Published
2017-07-06
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 86