MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN PERAN PADA USIA 4-5 TAHUN

  • SUNARMI

Abstract

Abstrak

       Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk  mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui bermain peran. Subjek penelitian adalah anak  usia 4-5 tahun  di TK Al Fiya dengan jumlah 20 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I hasil persentase aktifitas guru 37,5 % kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,5 %. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 31,25 % meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun pada siklus I memperoleh persentase sebesar 37,5%  dan siklus II meningkat menjadi 75 %. Berdasarkan  uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui bermain peran pada usia 4-5 tahun mampu meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10.

         Kata Kunci : Konsep Bilangan, Bermain peran.

 

Abstract 

       This classroom action research aims to describe the improvement of the ability to recognize the concept of 1-10 through role play. Research subjects were children aged 4-5 years in kindergarten Al-Fiya with the number of 20 children consisting of 10 boys and 10 girls. Data collection techniques used in this study are observation and documentation. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results of this study indicate that in cycle I the percentage of teacher activity 37.5% then in cycle II increased to 87.5%. Activity of children in cycle I of 31.25% increased to 81.25% in cycle II. The average value of ability to recognize the concept of the number of children aged 4-5 years in the first cycle I get a percentage of 37.5% and cycle II increased to 75%. Based on the above description it can be concluded that through role play at the age of 4-5 years can improve the ability to recognize the concept of numbers 1-10. 

         Keywords: Concept of Numbers, Role Playing. 

 

Published
2017-07-06
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 577