Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Lambang Bilangan Kelompok A TK Tunas Harapan Plandaan Jombang

  • ALFIN NURWITA DESTIVIA SUGIARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan engklek modifikasi terhadap kemampuan kognitif mengenal lambang bilangan kelompok A di TK Tunas Harapan Plandaan Jombang. Populasi penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan Plandaan Jombang dengan sampel 22 anak kelompok A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes performance. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel. JikaThitung lebih kecil dari Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N=22 dengan taraf signifikan 5% sebesar 66, maka (0 <66). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan engklek modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan kognitif mengenal lambang bilangan kelompok A TK Tunas Harapan Plandaan Jombang.

Kata Kunci: Engklek Modifikasi, Kemampuan Kognitif, Lambang  Bilangan.

Abstract

Pre-experimental design this study aims to determine whether there is influence game of hopscotch modification effect on cognitive ability to recognize the symbol of number from group A in kindergarten TK Tunas Harapan Plandaan Jombang. Subjects in this study were group A in kindergarten TK Tunas Harapan Plandaan Jombang, which were 22 children. Data collection techniques used are observation and test performance. The data analysis technique used Wilcoxon Matched Pairs Test with Thitung <Ttabel formula. If Count is smaller than Ttable, then Ho is rejected and Ha accepted. Based on result of data analysis obtained Thitung = 0 and Ttable for N = 22 with 5% significant level equal to 66, hence (0 <66). The data shows Ho rejected and Ha accepted. So it can be concluded that the game of hopscotch modification effect on cognitive ability to recognize the symbol of number from group  A TK Tunas Harapan Plandaan Jombang 

 Keywords: Hopscotch Modification, Cognitive Ability , Symbol of Number.

Published
2017-07-11
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 73