PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA ANAK KELOMPOK A DI TK CEMPAKA II PACAR KELING SURABAYA

  • MERLINA WAHYU KRISDAYANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis konstruktivisme terhadap kemampuan mengenal warna anak kelompok A di TK Cempaka II Pacar Keling Surabaya. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Cempaka II Pacar Keling Surabaya, kelompok A yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel . JikaThitung lebih kecil dari Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N=15 dengan taraf signifikan 5% sebesar 25, maka (0 <25). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis konstruktivisme berpengaruh terhadap kemampuan mengenal warna anak kelompok A di TK Cempaka II Pacar Keling Surabaya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Konstruktivisme, Kemampuan Mengenal Warna

Abstract

Research Pre Experimental Design aims to determine the effect of the  influence of contextual learning model is principle of construktive of knowing colour for children in A level in Kindergarten Cempaka II Pacar Keling Surabaya. the study sample is children aged 4-5 years in Kindergarten Cempaka II Pacar Keling Surabaya, of 15 children of group A. Technique of collecting data using observation and documentation. The data analysis technique used Wilcoxon Matched Pairs Test with Thitung <Ttabel formula. If Count is smaller than Ttable, then Ho is rejected and Ha accepted. Based on result of data analysis obtained Thitung = 0 and T table for N = 15 with 5% significant level equal to 25, hence (0 <25). The data shows Ho rejected and Ha accepted. So it can be concluded that the application of  contextual learning model is principle of construktive  has influence to ability of knowing colour on the children of Group A Kindergarten Cempaka II Pacar Keling Surabaya.

 Keywords: Contextual Learning Model, Constructive, Knowing Colour. 

Published
2017-07-11
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 36