PELAKSANAAN PROGRAM LETTERLAND PADA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA (ENGLISH AS SECOND LANGUAGE) ANAK USIA 4-6 TAHUN DI SIS LITTLE STARS SINGAPURA

  • Irena Agatha Simanjuntak

Abstract

Abstrak

Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan memotret bagaimana pelaksanaan program letterland pada pemerolehan bahasa kedua (english as second language) anak usia 4-6 tahun di SIS little star, Singapura sehingga dapat diketahui seperti apa pelaksanaan letterland dan penjelasan mengenai pemerolehan bahasa kedua anak. Subjek penelitian terdiri dari 8 anak, 5 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga berujung pada verifikasi/simpulan. Dari hasil analisis dan pembahasan, peneliti menemukan  (1) pemerolehan bahasa kedua anak melalui program fonik letterland membantu penguasaan fonetik, kemampuan berbahasa reseptif, dan ekspresif (lisan), (2) dalam proses pemerolehan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, anak-anak memiliki karakteristik kemampuan dan hasil yang berbeda di usia 4, 5, dan 6 tahun, dan (3) pelaksanaan program letterland dapat diintegrasikan dengan bahan ajar dan menstimulasi aspek bahasa anak.

Kata Kunci: letterland, pemerolehan bahasa kedua, english as second language.

Abstract

This descriptive qualitative research aims to outline how the implementation of letterland program on the acquisition of second language (english as second language) children aged 4-6 years in SIS little star, Singapore, thus it can be known what the implementation of letterland and explanation about the second acquisition on children. The subjects consisted of 8 children, 5 boys and 3 girls. Data analysis techniques using Miles and Huberman analysis that starts from data reduction, data presentation, and end up in verification / conclusion. From the results of the analysis and study of the research, the researcher found (1) the second language acquisition through the phonetic letterland program assisting phonetic mastery, receptive, and expressive (oral), (2) in the acquisition process of English as a second language, differs abilities and outcomes in children aged  4, 5, and 6 years, and (3) the implementation of the letterland program can be integrated with teaching materials and stimulate the language aspect of the child.

 Keywords: letterland, acquiring a second language, english as second language. 

Published
2017-07-11
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 182